Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

Teknisi server dan ahli teknik mendiskusikan peningkatan memori di ruang server

Cara memilih memori server

#KingstonCognate memperkenalkan Simon Besteman

Foto Simon Besteman

Simon Besteman adalah veteran di industri ICT dan pusat data yang berkewarganegaraan Prancis dan Belanda. Dia berpengalaman lebih dari 20 tahun bekerja di ISP, pemasok, pusat data, dan sebagai konsultan manajemen untuk berbagai jenis organisasi. Simon telah memegang berbagai jabatan manajemen senior di beberapa perusahaan multinasional di bidang layanan, penjualan dan pemasaran, manajemen operasi, dan pengembangan strategis.

Saat ini, Simon menjabat sebagai Direktur Utama Komunitas Cloud Belanda, koalisi penyedia hosting di Belanda. Sebagai perwakilan terkemuka di industrinya, dia kerap menulis blog dengan topik seputar industri dan kebijakan, menjadi pembicara utama di berbagai kongres dan konferensi, serta mengikuti rapat meja bundar pemerintah Belanda tentang telekomunikasi, pusat data, dan regulasi internet. Ia menjabat sebagai anggota dewan di berbagai kelompok industri, dengan fokus pada pendidikan, ketenagakerjaan, dan tata kelola.

Memori adalah komponen sangat penting di semua sistem dan konfigurasi memori yang salah dapat berdampak signifikan terhadap kinerja sistem dan aplikasi Anda. Sebelum memutuskan cara untuk memasang memori di server, jenis memori yang harus digunakan, dan besar kapasitas setiap modul memori yang harus dipasang, Anda harus memahami pentingnya pilihan yang diambil, karena jika salah, Anda akan mengalami masalah kinerja yang mengecewakan, konsumsi daya yang lebih tinggi dari perkiraan, atau bahkan masalah lebih serius seperti sistem yang tidak dapat dihidupkan sama sekali.

Berbagai jenis teknologi memori

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kompatibilitas. Anda harus memastikan bahwa spesifikasi memori sudah tepat untuk sistem server Anda, yang didukung tidak hanya dengan pengujian, tetapi juga dengan jaminan kompatibilitas. Server modern tidak mendukung pencampuran jenis modul memori pada bank memori yang sama. Oleh karena itu, perhatikan konfigurasi memori agar server tetap dapat dihidupkan, bukan menjadi macet.

Teknologi DDR5 tersedia dalam jenis modul yang sudah dikenal, seperti Unbuffered DIMM (UDIMM), ECC Registered DIMM (RDIMM), dan beberapa jenis modul yang belum lama diumumkan, seperti CAMM (Compression Attached Memory Module), MCRDIMM (Multiplexer Combined Ranks DIMM), MRDIMM (Multi-Ranked buffered DIMM), dan CLX (Compute Express Link). Akan tetapi, berbagai jenis modul ini tidak boleh dicampur dan mungkin dihalangi pemasangannya oleh alur modul yang berupa lekukan di bagian bawah modul yang sesuai dengan bentuk soketnya.

Untuk teknologi DDR4, meskipun UDIMM, RDIMM dan LRDIMM secara fisik cocok dipasang di soket memori server Anda, semua modul tersebut tidak boleh dicampur karena dapat mengakibatkan kegagalan boot pada sistem.

Cara memilih memori yang tepat

Gambar jarak dekat tangan seseorang memegang modul memori di ruang server

Modul memori server hadir dengan berbagai kecepatan berdasarkan rentang standar untuk DDR4 dan DDR5. Kecepatan tertinggi JEDEC yang tersedia untuk modul memori DDR4 adalah 3200MT/dtk, sedangkan kecepatan modul memori DDR5 dimulai dari 4800MT/dtk. Kecepatan memori dapat berbeda-beda dan dapat turun tergantung model prosesor yang digunakan serta jumlah modul yang terinstal per saluran memori.

Bayangkan memori seperti jalan raya. Lalu lintas seharusnya melambat ketika jalan raya dipenuhi oleh banyak mobil karena jika tidak demikian, kecelakaan akan terjadi. Prinsip yang sama berlaku pada server. Ketika ada banyak modul memori terpasang, sistem harus menurunkan kecepatan frekuensi memorinya agar dapat menangani peningkatan jumlah data yang masuk dan keluar dari berbagai modul memori tersebut.

Hal lain yang juga harus dipastikan adalah kepatuhan Anda pada pedoman pemasangan memori dari produsen dan platform. Dewasa ini, terdapat berbagai platform dengan konfigurasi saluran memori yang berbeda. Kini tersedia motherboard dengan saluran memori sebanyak empat, enam, delapan dan dua belas. Kingston Product Finder membantu Anda dalam memilih nomor komponen yang kompatibel dan juga memberikan informasi tentang sistem khusus Anda.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan saat mengonfigurasi server

Untuk kinerja terbaik, Anda harus memasang modul memori sesuai dengan rekomendasi dari setiap arsitektur platform. Konfigurasi seperti ini disebut konfigurasi memori yang seimbang. Jika pedoman konfigurasi saluran memori dari platform tidak diikuti, potensi kinerja memori akan hilang.

Banyak pelanggan menginstal modul memori berkapasitas rendah ke server mereka. Cara ini memiliki beberapa tantangan:

  • Skalabilitas: Jika server sudah diisi penuh oleh modul memori berkapasitas rendah, Anda tidak akan dapat menambah modul memori di masa mendatang. Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus melepas modul memori yang ada dan membeli modul baru untuk mencapai kapasitas maksimum. Rencanakan selalu untuk masa depan dengan memasang lebih banyak kapasitas saat ini guna memenuhi kebutuhan aplikasi di masa mendatang.
  • Konsumsi daya: Pemasangan modul memori dalam jumlah lebih banyak akan mengonsumsi daya lebih besar. Jika memungkinkan, pasang modul memori berkapasitas lebih tinggi dengan jumlah lebih sedikit untuk mencapai kapasitas yang diinginkan sehingga dapat mengurangi konsumsi daya.
  • Kinerja: Ingat tentang analogi jalan raya? Server dengan slot memori terisi penuh kemungkinan besar akan mengalami penurunan kecepatan memori. Menurut aturan arsitektur chipset, jika memori dipasang hanya pada bank memori pertama, penurunan kecepatan memori akan dapat dihindari.

Pemahaman tentang aplikasi sangat penting untuk keberhasilan

Pembelian pilihan termurah yang tersedia sering kali bukan pendekatan paling hemat jika ditinjau dari biaya total kepemilikan. Luangkan waktu untuk meneliti spesifikasi platform Anda, pilihan peningkatannya, dan kebutuhan dari aplikasi Anda.

Jika aplikasi membutuhkan memori dalam jumlah kapasitas yang besar, Anda mungkin perlu mempertimbangkan teknologi memori berkapasitas tinggi, seperti DDR4 LRDIMM, DDR5 MCRDIMM/MRDIMM, atau Modul CXL Memory Expander. Jika aplikasi sangat mengandalkan bandwidth memori, Anda perlu mempertimbangkan model prosesor yang dipasang dan jumlah saluran memori yang tersedia di platform. Jika platform memiliki delapan saluran memori, sebaiknya pasang modul memori dalam kelompok berisi delapan per prosesor untuk mendapatkan kinerja terbaik. Beberapa platform membatasi kinerja memori ketika modul dipasang pada bank kedua, yang juga disebut sebagai 2DPC (2 DIMM per Saluran).

Anda dapat mempertimbangkan pemasangan modul memori berbasis rank ganda karena modul jenis ini memberikan kinerja lebih baik daripada modul memori rank tunggal.

Akhirnya, integritas data juga menjadi faktor pertimbangan yang sangat penting. Aplikasi kritis misi tidak boleh mengalami kehilangan data atau kerusakan yang dapat membuat server tidak merespons. Modul server DDR4 dan DDR5 dapat dirancang dengan dua lebar komponen yang berbeda, yaitu x4 dan x8. Modul yang dirancang dengan chip x4 DRAM mendukung deteksi kesalahan multi-bit dan koreksi ECC (Error Correction Code). Modul yang dirancang dengan chip x8 DRAM hanya mendukung deteksi kesalahan bit tunggal dan koreksi ECC (Error Correction Code). Saat menentukan pilihan di antara dua modul yang berkapasitas sama, tetapi dengan rancangan lebar DRAM yang berbeda, sebaiknya pilih solusi dengan integritas data terbaik guna memenuhi kebutuhan aplikasi Anda. Pertimbangkan juga bahwa modul DDR5 memiliki fitur ECC pada chip (ODECC - On-die ECC) sehingga menjadikannya solusi yang lebih aman untuk mengurangi kesalahan bit dibandingkan dengan DDR4.

Mitra terbaik untuk solusi memori Anda

Saat ini, Kingston menawarkan memori server DDR5 dan DDR4 terbaru guna membantu Anda menemukan memori yang tepat untuk sistem Anda. Mengingat kesulitan yang dapat terjadi dalam proses peningkatan sistem, Kingston menyediakan layanan dukungan "Minta Bantuan Pakar" yang diberikan TANPA BIAYA dan disesuaikan untuk Anda. Kingston akan membantu dan memberikan panduan agar Anda mendapatkan solusi terbaik bagi kebutuhan perusahaan Anda, baik ketika perlu memasang memori, SSD (Drive Solid State), atau setiap produk lainnya.

#KingstonIsWithYou

Video terkait

Kingston Server Memory - Built for Servers. Powered by Service

Dirancang untuk Server. Digerakkan oleh Layanan.

Kinerja dan keandalan sangat penting bagi perusahaan. Pengalaman yang teruji, praktik terbaik yang diakui dan kepemimpinan industri yang tepercaya bagi Kingston menjadikan produk kami pilihan yang tepat.

Minta Bantuan Pakar

Pencari Produk Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 35 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.