Kami melihat Anda sedang mengunjungi situs Inggris. Apakah Anda ingin mengunjungi situs utama kami?

An HP laptop showing the system requirements for an HP ENVY 34.

Peningkatan memori dan penyimpanan di laptop atau PC desktop HP Anda

Jika sistem HP Anda mengalami kelambanan saat menjalankan multitugas, atau tidak dapat membuka file berukuran besar tanpa membuat cache ke penyimpanan, mungkin saatnya untuk melakukan peningkatan memori. Menambahkan RAM ke laptop dan desktop HP adalah cara termudah dan paling hemat biaya untuk mengoptimalkan kembali fungsinya. Selain itu, penambahan penyimpanan ekstra (atau penggantian opsi penyimpanan yang ada dengan alternatif yang lebih unggul) dapat memberikan dampak luar biasa pada kecepatan sistem.

Keunggulan peningkatan RAM untuk komputer HP

Peningkatan RAM dan penyimpanan memberikan banyak manfaat bagi laptop, desktop, dan sistem HP lainnya.

  • Kinerja umum: komputer dengan kinerja melambat dapat memperoleh tenaga tambahan dengan modul memori atau SSD baru.
  • Memperpanjang masa pakai komputer: laptop atau desktop yang sudah digunakan beberapa tahun dapat dioptimalkan kembali dengan peningkatan memori atau penyimpanan sehingga menghemat uang pengguna yang sebelumnya akan digunakan untuk membeli komputer baru.
  • Kecepatan boot: penambahan memori akan mempercepat proses boot komputer sehingga menghemat waktu pengguna.
  • Multitugas: memori tambahan mendukung pengguna yang menginginkan komputernya menangani kombinasi tugas berintensitas tinggi, seperti rendering dan penyuntingan, atau gaming dan streaming.
  • Produktivitas: untuk tugas tertentu, seperti pemrograman atau rendering grafis, pembaruan memori dapat mempercepat laju pekerjaan.
  • Latensi gaming: RAM bermutu tinggi memiliki latensi lebih rendah sehingga komputer dapat beroperasi lebih cepat karena meningkatnya kecepatan akses ke data yang dibutuhkan.

Peningkatan komputer HP Anda

Tergantung model sistem HP Anda, proses penambahan memori atau penyimpanan akan berbeda-beda, tetapi biasanya mengikuti pola yang sama.

Langkah 1: Identifikasi masalah

Hal yang terjadi paling awal biasanya adalah ketika pengguna menyadari suatu masalah pada komputernya. Masalah tersebut dapat berupa ketidakmampuan memori komputer dalam mengimbangi program yang haus memori seperti Photoshop, atau hard disk yang menjadi penghambat alur kerja Anda. Jika Anda mengidentifikasi suatu masalah, tidak berarti sistem Anda harus melakukan peningkatan perangkat keras. Ada tindakan lain yang dapat Anda coba terlebih dahulu.

Langkah 2: Mencoba semua alternatif

Jika pencarian berbagai solusi yang lebih mudah untuk mengatasi masalah sistem Anda tidak menghasilkan perbaikan yang berarti, langkah selanjutnya adalah menemukan dan memasang komponen peningkatan yang tepat.

Langkah 3: Meneliti peningkatan

Hal yang sama pentingnya dengan menemukan fakta bahwa komputer Anda perlu peningkatan adalah mencari informasi tentang jenis peningkatan yang dapat memperbaiki masalah tersebut. Penilai Memori Kingston sangat tepat untuk melakukan hal tersebut, yaitu menentukan seberapa besar memori yang terdapat pada sistem dan seberapa besar manfaat yang dapat diperoleh dari memori tersebut.

Langkah 4: Identifikasi model sistem

A hand on a touch screen

Anda harus mengetahui model komputer HP Anda sebelum dapat menemukan RAM yang tepat dan berfungsi dengan baik bersama prosesornya. Konvensi penamaan model di HP mencakup sistem seperti:

  • HP Envy All-in-One 34-c1045t
  • HP Pavilion 27-ca2055t AiO PC
  • HP ZBook Firefly 16 G10 Mobile Workstation PC

Nomor model tersebut biasanya terdapat pada label produk sistem Anda. Nomor model biasanya terdapat pada salah satu sisi yang bukan sisi depan. Namun, pada beberapa produk, nomor model mungkin terdapat di dalam tempat baterai atau di belakang panel akses.

Jika cara tersebut tidak berhasil, opsi lainnya adalah mengakses informasi sistem. Pengguna Windows dapat menekan Windows + R untuk membuka kotak dialog Run, lalu memasukkan perintah msinfo32. Sebuah jendela berisi informasi sistem akan muncul dengan baris SKU Sistem yang menampilkan nama dan nomor model komputer Anda.

screenshot of the Configurator results of an HP model PC
Hasil Anda mungkin akan seperti berikut ini.

Langkah 5: Temukan spesifikasi sistem

Jika Anda memasukkan nomor model sistem Anda ke dalam Konfigurator Kingston (cari kotak Pencarian berdasarkan Sistem/Perangkat), sistem akan menampilkan daftar berisi variasi, atau model tertentu, beserta nama mereknya. Jika Anda memilih opsi yang tepat, akan muncul banyak data teknis tambahan, tetapi informasi yang mungkin paling menarik bagi Anda terdapat di bagian memori:

  • Memori edisi standar model Anda
  • Jumlah memori maksimum yang dapat digunakan oleh sistem Anda
  • Skema bank memori sistem Anda (cara konfigurasi soket memori pada motherboard)
  • Dapat tidaknya memori sistem Anda ditingkatkan atau ditambah
  • Jika memori hasil konfigurasi pabrik di sistem Anda tidak dapat dilepas, Konfigurator akan merekomendasikan opsi memori dan penyimpanan yang kompatibel dengan sistem Anda, bersama dengan tautan pembeliannya, seperti pengecer resmi Kingston. Di beberapa wilayah, Anda dapat memilih untuk membeli langsung dari Kingston.

Langkah 6: Pasang komponen peningkatan Anda

Ketika Anda memperoleh memori dan/atau penyimpanan yang akan digunakan untuk meningkatkan komputer HP Anda, sebaiknya ikuti salah satu dari sejumlah panduan video atau teks buatan Kingston yang memperlihatkan cara terbaik untuk memasang perangkat keras baru Anda.

  • Sebaiknya Anda melakukan pencadangan sistem sebelum memulai setiap jenis peningkatan. Langkah ini adalah tindakan pencegahan jika terjadi hal yang buruk, meskipun kemungkinannya kecil.
  • Setelah pencadangan selesai, matikan komputer Anda. Sedangkan untuk laptop, cabut adaptor daya dari listrik dan keluarkan semua baterai yang dapat dilepas.
  • Sebaiknya keluarkan seluruh sisa listrik dalam sistem desktop atau laptop Anda dengan cara menahan tombol daya selama lima detik setelah pencabutan dari listrik atau pelepasan baterai.
  • Pilih permukaan yang cocok untuk tempat bekerja. Pelepasan muatan listrik statis dapat merusak komponen yang sedang dipasang atau dilepas. Hindari permukaan dari bahan kain, seperti karpet atau permadani. Jauhkan hewan peliharaan dari ruang kerja Anda. Pastikan untuk menyentuh sepotong logam yang terpisah sebelum Anda mulai bekerja, atau lebih baiknya, kenakan gelang antistatis untuk mengeluarkan seluruh listrik statis yang dapat merusak RAM dan komponen lain di dalam sistem.
  • Lepaskan casing/penutup, letakkan semua sekrup di tempat yang aman, seperti kantong plastik.
  • Slot penyimpanan atau soket memori komputer Anda dapat ditutupi oleh selubung pendingin atau pelat logam sehingga bagian tersebut juga harus dilepaskan dengan hati-hati.
  • Anda tidak perlu menggunakan tenaga untuk memasukkan SSD ke slot penyimpanan. Jika kompatibel dengan sistem, SSD yang Anda beli akan mudah dimasukkan.
  • Modul biasanya ditahan pada tempatnya dengan sebuah klip yang dapat didorong pada salah satu atau kedua sisinya untuk melepaskan modul dari soket. Pastikan hanya menyentuh bagian tepi luar modul dan menariknya keluar dengan perlahan.
  • Untuk pemasangan, luruskan modul agar lekukan di bagian bawahnya sejajar dengan soket. DIMM dipasang secara vertikal, sedangkan SODIMM dimasukkan pada sudut 45 derajat. Setelah sejajarnya lekukan pada modul, tekan dengan kuat pada sisi kiri dan kanan atas untuk mengencangkan modul pada tempatnya. Gerakan sedikit menggoyangkan modul ke depan dan ke belakang akan membantu dalam pemasangan. Jika DIMM sudah terpasang dengan tepat, klip pada tepi soket akan terkancing dan menahan modul dengan kuat. Namun, untuk SODIMM, modul perlu ditekan sampai rata hingga klip terkancing.
  • Jika Anda menginginkan panduan tambahan tentang cara terbaik memasang modul memori, kami memiliki panduan terperinci yang dapat membantu: Cara memasang memori di PC desktop & Cara memasang memori di laptop.

Langkah 7: Boot ulang, lalu periksa

Komputer Anda akan membutuhkan sedikit waktu untuk mengidentifikasi memori baru, dan Anda mungkin menerima pesan tentang perubahan jumlah memori. Jika Anda mengubah penyimpanan, komputer Anda akan melakukan booting dari drive baru. Anda harus melakukan pengklonaan isi drive lama ke drive baru jika ingin tetap menyimpan file Anda. Kingston menawarkan perangkat lunak pengklonaan bersama dengan SSD-nya yang terdapat di sini.

Memecahkan masalah pemasangan memori

Kesalahan memori atau kegagalan boot setelah pemasangan memori dapat diatasi dengan upaya berikut:

  • Pasang ulang modul memori baru
  • Bersihkan soket untuk modul memori dengan kaleng semprotan angin
  • Periksa semua sambungan kabel dan sambungkan kembali sambungan yang tidak kencang atau terputus
  • Hubungi Dukungan Teknis Kingston untuk mendapatkan bantuan

#KingstonIsWithYou

tampilan atas laptop di atas meja gelap dengan ilustrasi garis papan sirkuit

Minta Bantuan Pakar

Memahami persyaratan sistem dan proyek Anda sangat penting untuk mencari solusi yang tepat. Biarkan pakar Kingston memandu Anda.

Minta Bantuan Pakar

Pencari Produk Kingston

Memilih memori sangat mudah jika Anda mulai dari Kingston.
Dengan keahlian lebih dari 35 tahun, Kingston memiliki pengetahuan dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memilih memori dengan percaya diri.

Cari berdasarkan Sistem/Perangkat

Cukup masukkan nomor pembuatan dan model atau nomor komponen sistem dari sistem komputer atau perangkat digital untuk menemukan produk Kingston yang Anda butuhkan.

Cari berdasarkan Nomor Komponen

Cari berdasarkan nomor komponen Kingston, nomor komponen distributor, atau nomor komponen yang setara dengan produsen.

Video terkait

Minta Bantuan Pakar